Sebagai orang yang baru memulai belajar digital marketing, membingungkan nggak sih mempelajari banyak hal di digital marketing? Jujur ya… Sebelum aku bisa share tips ini, dulu aku sempet bingung mau mulai darimana karena digital marketing itu luas.

Jadi buat temen-temen yang baru mau belajar digital marketing, entah itu akan dipakai untuk mengelola bisnis sendiri atau dijadikan sebagai profesi aku coba share tips memulai belajar digital marketing berdasarkan yang ku alami ya. Yuk simak selengkapnya.

Mengenal T-Shaped Marketer dan Buat Target Pencapaian

Buffer’s T-Shaped Marketer

Pastikan kita berminat ya di bidang ini, karena minat kita juga akan mempengaruhi proses, konsistensi, dan pencapainnya. Nah sebelum menentukan target pencapaian, aku rekomendasikan mulai dari T-Shaped Marketer. Di sini disebutkan kalau ada 3 komponen penting yaitu basic knowledge (kemampuan dasar), marketing foundation (dasar marketing), dan channel expertise.

Channel expertise ini mulai dari business development, CRO, email, events, community, content, SEO, social media, partnership, multimedia, paid ads, PR, dan viral. Nah inilah pentingnya target pencapaian, karena cakupannya luas maka pilih satu atau dua keterampilan untuk kita tekuni dan kuasai sepenuhnya. Udah tau mau pilih ketrampilan yang mana dulu? Menurutku, akan lebih baik jadi expert kalau mau dijadikan sebagai profesi.

Mulailah dari Buku, Podcast, Video, dan Kursus Digital Marketing

Pentingnya membuat target pencapaian agar kita bisa memilih kursus digital marketing yang ingin ditekuni dan dipelajari lebih mendalam. Mulailah konsumsi video, podcast, buku, webinar, dan kursus yang berkaitan dengan digital marketing dari yang gratis hingga berbayar. Nanti aku coba share channel kursus online digital marketing di lain tulisan ya 😊

Untuk digital marketing fundamental, aku rekomendasikan belajar di Google Digital Garage. Di sini ada tiga kategori bidang yang ditawarkan yaitu digital marketing, data dan teknologi, serta pengembangan karir. Nah untuk yang ingin memulai digital marketing bisa ambil salah satu programnya yaitu fundamental digital marketing, di sini bisa belajar Google My Business, website, SEO, SEM, social media, email marketing, content marketing, e-commerce, analytics & data insight, dan lainnya.

Atau bisa juga instal Google Primer untuk bahan bacaan ringan sehari-hari, di sini juga bisa belajar digital marketing dalam 5 menit setiap topiknya. Cukup ringan dibaca oleh pemula, tersedia topik-topik business planning, management, sales, digital advertising, social media, content marketing, SEO, analytics, branding, and lainnya.

List Beberapa Istilah dalam Digital Marketing

Oh iya penting juga nih mengenal istilah-istilah digital marketing, tinggal browsing ya di google. Kalau nggak paham catat dulu aja dibuat list, cari tau sambil belajar nanti pelan-pelan paham. Sepengalamanku, banyak istilah dalam digital marketing yang nggak dipahami, cari sana sini baca sana sini akhirnya beberapa istilah mulai paham. Karena dunia digital marketing itu luas ya, updatenya juga cepet banget. Pastikan kita juga punya minat belajar yang tinggi dan kemampuan beradaptasi yang baik.

Latihan dan Praktek Digital Marketing Secara Langsung

Ada baiknya sambil belajar juga sambil praktek. Selain itu, kita juga harus explore berbagai platform dan tools digital marketing. Nah yuk jangan bingung mulai praktek dan latihannya darimana ya.

  • Review Brand-Brand Lokal

Kebiasaanku yang konsisten sampe sekarang adalah review beberapa brand lokal. Entah kenapa menarik aja gitu ya, emang dasar kepoan dan kayaknya ini udah jadi agenda wajib. Selain itu, bisa juga latihan review atau analisa konten socmed dan website. Satu latihan yang rutin aku lakukan yaitu praktek di socmed dan blog milik sendiri, dari ngeplan buat content, review, sampe analisis. Nikmati aja trial erornya, anggap aja experiment.

Itu aja udah jadi poin plus kalau kita mau belajar, mulai aja dulu dari review brand-brand lokal di satu atau dua kategori misalnya fashion atau F&B. Kalau bisa kategorinya yang related dengan hobi atau minat biar lebih menikmati. Kalau mau sekalian tau juga trennya saat ini, boleh coba intip di google trends. Bonusnya, kadang kita nggak sengaja nemu ide bisnis.

  • Bangun Bisnis Sendiri

Create something itu memang cukup banyak ya printilan yang harus disiapkan. Minimal banget kita mesti punya nama brandnya apa, kemudian mikirin aktivasi akun social medianya, websitenya, belum lagi business plannya kalau mau diseriusin, dan lain-lainnya.

Tapi dari sini kita punya paket lengkap, antara kemampuan generalis kita yang cukup punya langkah-langkah strategis lalu berpadu dengan kemampuan spesialis kita. Menarik bukan? Nggak ada salahnya kalau mau nyoba.

  • Ambil Peran di Organisasi atau Komunitas

Apalagi kalau belum kerja, kita bisa mulai dari yang paling sederhana seperti ikut organisasi atau komunitas, pastikan ambil peran lebih banyak di digital marketing. Contohnya ambil peran di socmed, content, atau kalau ada website bisa ambil peran untuk SEO.

  • Bantu Bisnis Keluarga atau Teman

Bantu bisnis keluarga, teman, kerabat, dan lainnya akan sangat bermanfaat bagi proses kita belajar. Misalnya di bagian content, socmed, dan paid media (Facebook ads, Instagram ads, LinkedIn ads, dll). Anggap aja sambil ngumpulin portfolio ya hehe.

  • Cari Tempat Magang, Part Time, atau Jadi Freelancer

Selama 1 tahun terakhir ini, cukup sering dapat email pengajuan magang dari beberapa lulusan. Kalau mau coba, bisa juga melamar di perusahaan rintisan. Memang, manajemen perusahaan rintisan ini lebih ramping jadi jangan heran kalau satu orang jobdesknya lumayan banyak. Kalau tujuan kita untuk belajar ya cocok banget, anggap sebagai batu loncatan untuk karir atau bisnis kita selanjutnya di kemudian hari. Kalau perusahaan rintisan ini berkembang, kita juga kok yang nanti akan merasakan manfaatnya.

Atau bisa nih jadi freelancer, seperti web developer, content writer, SEO, designer, social media, dan lainnya. Kalau belum ada portfolio, mungkin bisa pasang tarif yang sesuai. Banyak platform freelancer seperti sribulancer, freelancer, project.co.id, dan lainnya. Sejauh ini aku cukup sering recruit content writer di sribulancer.

Evaluasi Hasil Belajar

Setelah belajar sana sini dan praktek sana sini, jangan lupa untuk evaluasi. Penting banget untuk menceklis apakah sudah sesuai target atau belum agar selanjutnya bisa ambil kursus yang advance. Kalau ternyata sesuai target, kita juga bisa beralih ke bidang digital marketing yang lainnya. Oh iya, konsistensi juga nggak kalah penting ya.

Itu aja tips memulai belajar digital marketing. Jangan lupa komen di bawah kalau temen-temen punya pengalaman digital marketing juga. Boleh kasih masukkan untuk tulisan berikutnya 😊

13 Comments

  1. Pingback: Proses Mengenal Digital Marketing | Love, Life, Work Integration

  2. andiyani achmad September 1, 2021 at 7:47 am

    aku termasuk yang belajar digital marketing karena kebutuhan dan tiba-tiba ganti profesi yang sebelumnya sekretaris eh mendadak jadi social media specialist, dari situ baru deh mulai belajar dunia digital marketing

    Reply
  3. Ola Aswandi September 1, 2021 at 8:15 am

    Daging banget nih tulisannya.. Bikin aku sadar bahwa selama ini masih kurang banget belajarnya.. Sepertinya ilmu digital marketing ini menarik untuk aku pelajari lebih lanjut..

    Reply
  4. Desy Yusnita September 1, 2021 at 9:43 am

    Terima kasih rekomendasinya Ka. Pas banget selama ini lagi nyari referensi untuk belajar tentang digital marketing cuma bingung mau mulai dari mana.

    Reply
  5. Nyi Penengah September 1, 2021 at 10:09 am

    Ngenalin dunia marketing digital aku juga gegara diajak kelola konten website franchise kak Riz. Setelah nikah resign jadi menerapkan sendiri ke akun sendiri yang dikelola dan bikin usaha souvenir sendiri.

    Reply
  6. Chairina September 1, 2021 at 11:35 am

    Aku tertaril juga deh. Cuma memang terkadang terhalang sama waktu nih. Penting banget menurutku belajar digital marketing zaman sekarang.

    Reply
    1. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com September 2, 2021 at 12:36 pm

      Zaman sekarang digital marketing adalah salah satu yang sangat dibutuhkann kalau memasarkan brand atau mulai bisnis ya salah satunya mbak. Biar bisa terjun langsung dan praktik.
      Eh tapi ternyata masih banyak juga ya aktivitas lain yang sebaiknya kita lakukan supaya makin terlatih di bidang ini. TFS tipsnya 😀

      April

      Reply
  7. Larasati Neisia September 2, 2021 at 2:19 pm

    Aku cukup familiar dengan digital marketing karena aku udah 4 tahun kerja di digital agency yang pasti melakukan kegiatan marketing hehe. Yang lagi ku pikirkan adalah punya bisnis sendiri, karena aku merasa udah ada basic digital marketing buat memulai bisnisnya. Semoga bisa terealisasi tahun ini.

    Reply
  8. Putri Lasim September 2, 2021 at 4:32 pm

    Terima kasih rekomendasinya ya mba, pas banget aku lagi cari-cari buat belajar digital marketing, semoga bisa segera aku terapkan ini

    Reply
  9. Ririe Khayan September 3, 2021 at 7:42 am

    Saya termasuk yang belajar Digital Marketing Secara Langsung, maksudnya belajar sekaligus Praktek. Selain belajar melalui komunitsa, juga browsing. Pengen sekali bisa belajar digital marketing secara lebih intensif dan fokus,

    Reply
  10. Suciarti Wahyuningtyas September 4, 2021 at 5:53 am

    Kangen ih sama digital marketing karena emang dulu aku kerja di media jadi soal digital marketing ini masih faham. Bahkan sampai sekarang pun masih ngerjain digital marketing mantan klienku jaman kerja di media.

    Reply
  11. nandanadva September 13, 2021 at 2:27 am

    hai kak rizky, makasih banyak yaa infonya sangat bermanfaat, selama ini aku kalo belajar digital marketing cuman dari beberapa artikel2 yang muncul dipencarian aja. baru tau kalau google juga ada layanan seperti google primer dan google digital garage, nanti aku cobaa 😊🙌🏻

    Reply
  12. Aldila Kun Condroweni September 22, 2021 at 2:29 am

    Penting banget digital marketing apalagi di jaman sekarang yg serba online.. Mau mempromosikan usaha perlu digital marketing.. Makasih sharingnya mbak.. Membantu sekali..

    Reply

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *