Holaaa temans! Aku mau berbagi pengalaman selama proses mengenal digital marketing. Tentu lumayan berkesan ya perjalanannya, kalau diceritakan semua cukup panjang kenapa kok akhirnya aku tertarik di bidang ini.

Jadi sebelumnya, jaman SMA aku sempet jadi pengelola fanspage kategori pendidikan. Waktu itu facebook masih sederhana, nggak sekeren sekarang fiturnya. Hape yang digunakan juga nggak secanggih sekarang. Jaman itu masih akhir 2011 atau awal 2012, tau sendiri lah ya tipe-tipe hapenya. Meski dalam keterbatasan, entah device ataupun jaringan internet ternyata memberi kesan tersendiri.

Lanjut ke bangku kuliah, ternyata platformnya makin beragam seperti blog, twitter, youtube, instagram, dan lainnya. Jaman itu aku pakai blog cuma buat formalitas mengerjakan tugas kuliah. Punya instagram dan twitter juga dipakai sekedar update informasi dan postingan pribadi. Biar nggak dikata kudet (kurang update) alias ketinggalan jaman.

Nah, jaman sekarang tersedia beragam platform dan tools yang bisa kita explore kapanpun kita mau. Nggak ada alasan sih untuk nggak belajar.

Mulai Bangun Usaha

Singkat cerita 2014-2016 jadi guru les, eh terus 2017 kepikiran buat nyoba-nyoba bangun usaha. Dari usaha di bidang fashion, makanan, buka les privat kecil-kecilan, sampe ke palugada hehehe. Sempet juga ikut seleksi untuk mendapatkan pendanaan, lumayan kan buat modal. Pengalaman berharga, minimal pernah pitching jaman kuliah dengan kemampuan waktu itu.

Jaman itu bangun usaha cuma modal berani, ternyata di tengah jalan banyak rintangan karena membangun kepercayaan dan menjangkau market memang nggak mudah. Tapi dari sini mulai lah belajar menggunakan beberapa channel social media sebagai sarana marketing, meskipun waktu itu dengan ilmu alakadarnya. Kualitas content, design, foto, copywriting dan lainnya banyak yang serba alakardarnya. Namanya juga proses belajar ya 😊

Bergabung dengan Team Digital Marketing

Akhir tahun 2018, ketertarikan di bidang marketing ternyata mengantarkanku untuk bergabung di team marketing di ranah properti. Sampe akhirnya tahun 2019, aku juga kembali diajak bergabung di salah satu digital agency Bekasi. Dari sini mulai banyak belajar tentang digital marketing. Time so flies, nggak kerasa makin ke sini bidang ini makin canggih. Tentunya aku butuh adaptasi, perlu explore beberapa platform dan tools terutama yang belum pernah dipakai. Awalnya fokus di content dan social media, lanjut ke SEO & ecommerce, sampai akhirnya ke performance. Boleh intip portfolio pertamaku di social media dan SEO.

Nah itulah sekilas perjalananku selama proses mengenal digital marketing. Oh iya, ini rekomendasi tulisan untuk temen-temen yang memulai belajar digital marketing. Komen di bawah ya kalau temen-temen punya pengalaman di bidang digital marketing juga. Boleh kasih masukkan untuk tulisan berikutnya 😊

1 Comment

  1. Pingback: Tips Memulai Belajar Digital Marketing | Love, Life, Work Integration

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.