Menurut informasi dari beberapa media, pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang 1 Kartu Prakerja akan diumumkan secara bertahap melalui SMS mulai Sabtu tanggal 18 April 2020 sampai dengan Senin tanggal 20 April 2020.

Bagi teman-teman yang memang membutuhkan, tapi belum mendaftar kartu prakerja gelombang 1 kemarin masih ada kesempatan. Bisa mulai dipersiapkan dari sekarang syarat-syarat awal yang harus dipenuhi untuk mendaftar di gelombang berikutnya. Selain itu, temen-temen juga perlu antisipasi untuk hindari kesalahan dalam pendaftaran kartu prakerja agar proses pendaftarannya berjalan dengan lancar.

Selain pentingnya pengumuman peserta lolos seleksi kartu prakerja, juga beberapa tips bermanfaat hindari kesalahan untuk persiapan mendaftar kartu prakerja. Terutama bagi temen-temen yang akan mendaftar di gelombang selanjutnya, mari disimak.

Pengumuman peserta lolos kartu prakerja bisa dicek juga melalui dashboard

Hindari kesalahan mengetik nomor NIK

Kelihatannya sangat sepele ya, tapi tahukah temen-temen? Kesalahan pencantuman nomor NIK satu angka saja sangat berakibat fatal. Data temen-temen bisa jadi tidak cocok dengan data sistem. Jadi, pastikan nomor NIK yang dicantumkan pada saat pendaftaran tidak ada yang salah ya. Kalau perlu dicek ulang dengan teliti sebelum disubmit.

Perbedaan nama pada KTP dengan nama akun Kartu Prakerja

Usahakan nama yang tercantum pada KTP sama dengan nama akun Kartu Prakerja pada saat pendaftaran. Lalu bagaimana dengan temen-temen yang pengen ganti nama? Saran aku mending jangan dulu, karena akun Kartu Prakerja tidak seperti akun sosial media yang kita bisa mengganti atau merubah nama kapanpun. Dan saat ini temen-temen kan ibarat lagi berkompetisi memenangkan kuota 200ribu dari jutaan peserta.

Tidak memverifikasi email yang digunakan pada saat pendaftaran kartu prakerja

Setelah mencantumkan email yang aktif, alangkah baiknya temen-temen cek terlebih dahulu email verifikasi dari kartu prakerja yang dikirim ke email yang didaftarkan. Biasanya berbentuk link atau kode tertentu. Jadi, pastikan email yang digunakan aktif agar step awal pendaftaran kartu prakerja lancar.

Sebaiknya, gunakan nomor telfon yang aktif dan tidak keblokir

Mungkin tidak sedikit orang-orang yang mendaftakan nomor SIM Card yang nomor whatsapp nya masih aktif tapi kartunya sudah keblokir. Nah, sebaiknya hal ini perlu dihindari. Karena nomor yang temen-temen daftarkan untuk kartu prakerja juga akan diverifikasi melalui SMS.

Hindari kualitas foto yang tidak sesuai petunjuk

Ikuti petunjuk foto yang ada, misalnya foto tersebut harus berformat jpeg atau png dengan resolusi tinggi atau rendah. Kemudian bentuk fotonya apakah harus vertikal atau horizontal. Ukuran file/fotonya tidak lebih dari 1MB, 2MB, dan lainnya. Kalau foto temen-temen ukurannya kegedean, mungkin bisa dikompres terlebih dahulu agar ukuran file/fotonya tidak terlalu besar. Formatnya apakah 1:1, 2:3, 3:5, dan lainnya penting untuk diperhatikan dengan detail.

Jaringan internet yang memadai dan usahan mendaftar tidak pada jam sibuk

Webiste Kartu Prakerja pernah susah diakses karena sempat down servernya, mungkin karena yang daftar sampai jutaan orang. Dan websitenya diakses dalam waktu bersamaan. Nah, sebaiknya hindari mengakses website pada jam-jam sibuk. Akses di jam yang lengah, misalnya di tengah malam, sebelum subuh, setelah subuh. Itu mungkin bisa membantu, agar proses pendaftaran kartu prakerja lancar.

Hindari perbedaan NIK yang terdaftar pada nomor telfon/SIM Card

Ada diantara temen-temen yang mungkin identitas SIM Card nya milik istrinya/suaminya/saudaranya, mungkin ini sedikit perlu diperhatikan. Sebenernya, point ini sifatnya sebagai antisipasi saja. Karena pada saat kita aktivasi SIM Card atau aktivasi nomor telfon, kita diminta untuk mendaftakan identitas diri dengan KTP. Kemudian mencantumkan nomor NIK beserta nomor KK. Perlu diingat, ini hanya antispasi saja. Karena balik lagi, rejeki udah ada porsinya masing-masing. Tapi tidak menutup diri  untuk tetap upaya seoptimal mungkin.

Harapannya, setelah dipersiapkan dengan matang, proses selanjutnya berjalan dengan lancar. Selain upaya, jangan lupa terus berdoa agar diberikan yang terbaik dan semoga pandemi ini cepat berakhir. Aamiin.

Semoga bermanfaat, yuk kunjungi tulisan aku yang lainnya dengan cara klik di sini.

1 Comment

  1. Hani May 20, 2020 at 12:34 am

    kamu udah lolos kartu prakerja ya? gimana belajar di sana? menarik gak? atau apa gitu reviewnya. kepo. hehe

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *